SYUKRON TELAH MEMBUKA DAN MEMBACA ARTIKEL INI

Senin, 10 September 2012

Belajar Jurumiyah

MUQADIMAH

Jurumiyah merupakan salah satu kitab nahwu dasar yang disajikan bagi para pemula dalam mempelajari ilmu tata bahasa arab. Jurumiyah dikarang oleh Syekh Sonhaji atau lebih masyhur dengan sebutan Ibnu Al-Jurum karena telah sukses mengarang kitab Jurumiyah dan mempublikasikanya sehingga hampir disemua pesantren syalafiyah kitab tersebut dipelajari.

Kitab Jurumiyah berisi materi ilmu nahwu dasar, oleh karena itu, setiap santri/ pelajar yang sedang belajar kitab kuning sebagai langkah yang membantu adalah mempelajari kitab tersebut.



Adapun yang dimaksud dengan nahwu adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari kedaan akhir kalimat bahasa arab baik i'rab maupun bina. i'rab adalah perubahan akhir kalimat karena beda-bedanya amil sedangkan bina adalah tetapnya suatu kalimat dalam satu keadaan. adapun yang dimaksud amil disini adalah sesuatu yang menyebabkan perubahan diakhir kalimat seperti suatu lafad menjadi rafa' (dhamah, wau, alif dan nun) karena diawali fi'il atau menjadi mubtada dan lain sebagainya.

Dengan mempelajari nahwu seorang pengkaji Al-Qur'an dan kitab kuning akan mengetahui letak keselahan dalam membaca kalimat berbahasa arab dan terhindar dari kesalahan dalam memberi makna.

 
http://santrinet.blogspot.com/2012/09/bab-1.html
    

1 komentar:

  1. assalamu'alaikum.akhi napa ya aku download software hadist dan yg lainnya bahasanya gak ng erti tuh setelah aku buka.mohon membantu ana ya ..mohon di kirimkan aja ke imail ana.wonk_cell@yahoo.com.makasih wassalamu'alaikum

    BalasHapus